counter

Jokowi-Ma'ruf Amin sementara unggul di Jember

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Rekapitulasi penghitungan suara di desk pemilu yang dilakukan Bakesbang Jember di pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis (18/4). (Zumrotun Solichah)
Jember (ANTARA) - Perolehan suara pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin sementara mengungguli pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berdasarkan penghitungan desk pemilu yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa (Bakesbang) Pemkab Jember di pendapa Wahyawibawagraha hingga Kamis pukul 14.50 WIB tercatat perolehan suara Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 832.284 suara dan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 454.299 suara, serta jumlah suara tidak sah sebanyak 33.011 suara.

"Bakesbang dan Kominfo menyiapkan pemantauan melalui IT, sehingga bisa memantau hasil pemilu secara bersama-sama di pendopo karena hal itu upaya Pemkab Jember memantau hasil pemilu dan melihat sejauh mana partisipasi masyarakat," kata Bupati Jember Faida di Jember.

Dalam rekapitulasi penghitungan yang dilakukan Bakesbang di pendapa tercatat partisipasi pemilih yang hadir di TPS sebanyak 1.321.259 orang atau 70 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Jember sebanyak 1.863.478 pemilih yang terdiri 919.712 pemilih laki-laki dan 943.766 pemilih perempuan.

Rekapitulasi penghitungan tersebut dihimpun melalui petugas kecamatan berdasarkan rekapitulasi formulir C-1 yang sudah masuk dan jumlah kecamatan yang sudah 100 persen selesai melaporkan rekapitulasi tersebut masih 15 kecamatan dari 31 kecamatan di Kabupaten Jember, namun 16 kecamatan lainnya sudah masuk datanya rata-rata sekitar 70-80 persen.

15 kecamatan yang sudah selesai 100 persen mengunggah data ke Bakesbang Jember di antaranya Kecamatan Ambulu, Arjasa, Gumukmas, Jelbuk, Jenggawah, Jombang, dan Kalisat, Kencong, Ledokombo, dan Mayang.

Sementara masing-masing tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jember enggan memaparkan hasil hitung cepat perolehan suara yang dilakukan tim masing-masing.

"Kami masih melakukan rekapitulasi perolehan suara dari masing-masing saksi berdasarkan formulir C1, sehingga kami belum bisa menyampaikan kepada publik hasilnya," kata Ketua TKD Jokowi-Amin di Jember Tabroni.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi, Ardi Pujo yang mengatakan pihaknya belum bisa menyampaikan hasil hitung cepat yang dilakukan BPD karena ada instruksi tidak menyampaikan hasilnya sebelum rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang resmi dari KPU.

"Rekapitulasi itu untuk kepentingan internal kami sehingga mohon maaf kami belum bisa menyampaikan kepada masyarakat," katanya singkat.

Sementara tim relawan Prabowo-Sandi di Jember, Rio Christiawan mengatakan hasil pendataan sementara pasangan Prabowo-Sandi unggul di dua kecamatan di Jember yakni Kecamatan Sumberbaru dan Tanggul.

Pemilu presiden 2019 diikuti dua pasangan capres-cawapres yakni pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Suasana usai KPU sampaikan hasil final rekapitulasi nasional Pilpres 2019

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu: 20 TPS di Kepualuan Tanimbar belum lakukan pencoblosan Sebelumnya

Bawaslu: 20 TPS di Kepualuan Tanimbar belum lakukan pencoblosan

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai