pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Masyarakat diimbau jaga kekompakan usai penghitungan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal sesaat sebelum pencoblosan di TPS 036 jalan Dg Tata, Makassar, Rabu (17/4/2019). (ANTARA FOTO/HO)

Makassar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal usai proses tahapan pencoblosan dan penghitungan suara sementara mengimbau kepada semua masyarakat kota ini agar tetap menjaga persaudaraan dan kekompakan yang selama ini sudah terbangun.

"Masyarakat Makassar adalah masyarakat yang heterogen dan semua cerdas-cerdas dengan mengedepankan prinsip-prinsip toleransi serta persaudaraan di atas segala-galanya. Jadi, mari kita jaga itu," ujar Syamsu Rizal di Makassar, Rabu.

Ia mengungkapkan beberapa hari jelang pencoblosan hingga berakhirnya pencoblosan dirinya banyak berkeliling di Makassar dan mengunjungi beberapa kecamatan untuk melihat secara langsung antusiasme masyarakat.

Walaupun dirinya melihat adanya perbedaan pilihan di lapangan, namun dirinya sangat kagum karena perbedaan itu tidak membuat hubungan persaudaraan di Makassar berjarak.

"Ini artinya, masyarakat Makassar itu sangat dewasa dan cerdas. Walaupun ada perbedaan tetapi tetap mengedepankan prinsip persaudaraannya," katanya.

Pada pemilihan ini dirinya bersama istri telah menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 036 Jalan Dg Tata, Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate, Makassar.

"Saya bersama istri tercinta setelah sarapan dan bercengkrama dengan para tetangga langsung menuju TPS untuk menggunakan hak pilih," katanya.

Ia mengatakan pada Pemilu 2019 sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya karena tahun ini pemilihan langsung dilakukan serentak untuk memilih presiden-wakil presiden, anggota DPD RI, anggota DPR RI, DPRD Sulsel dan DPRD Kabupaten-Kota.

"Ini adalah pesta demokrasi, mari kita semua bersuka cita dengan memilihi pemimpin kita, memilih wakil rakyat kita di parlemen agar bangsa lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang," katanya.

Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal, berharap pada pemilu 2019 kali ini tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya semakin meningkat dari pemilu sebelumnya.

Pada Pemilu 2019 ini akan dilaksanakan secara serentak yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD), DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Pemilu 2019 ini diikuti oleh dua pasangan calon yakni nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.*


Baca juga: Prabowo-Sandi Unggul di TPS Wali Kota Makassar.

Baca juga: Napi Lapas Makassar resah belum terima surat suara


 

 

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019
Usai Pilpres, Rupiah Kamis diperkirakan menguat ke Rp13.950-Rp14.100 Sebelumnya

Usai Pilpres, Rupiah Kamis diperkirakan menguat ke Rp13.950-Rp14.100

Usai jadi cawapres terpilih, Gibran akan kembali bertugas di Solo Selanjutnya

Usai jadi cawapres terpilih, Gibran akan kembali bertugas di Solo