Ketua MPR katakan Pemilu berhasil jika bisa persatukan bangsa kembali

Kapolda Metro Jaya tinjau keamanan KPU RI
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (kanan) bersama istrinya, Soraya, menunjukkan kertas surat suara yang selesai dicoblos di TPS 167 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2019). (ANTARA/Devy Nindy Sari Ramadhan)
Pemilu ini berhasil, kalau setelah pemilu besok lusa, kita bisa rukun. Mempersatukan kita kembali
Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Zulkifli Hasan mengatakan pemilihan umum 2019 dinyatakan berhasil jika bisa mempersatukan bangsa kembali setelah gelaran pesta demokrasi usai.

"Pemilu ini berhasil, kalau setelah pemilu besok lusa, kita bisa rukun. Mempersatukan kita kembali," ujar Zulkifli setelah menggunakan hak pilihnya di TPS 167 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu.

Zulkifli menyebut pemilu akan berjalan sukses dan demokrasi berjalan semakin baik apabila antar warga negara dapat kembali merajut persatuan dan hidup rukun dengan perbedaan sehingga memperkuat kembali ikatan kebangsaan.

Ia menyebut periode delapan bulan dalam kontestasi politik para kandidat wakil rakyat, membuat bangsa menjadi terpecah-belah dalam perbedaan pandangan politik.

"Delapan bulan terlalu lama memang, kita bertengkar karena macam-macam hal. Oleh karena itu Undang-Undang kita lihat, jangan terlalu lama lah bertengkar itu," ujarnya.

Pemilu tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Indonesia.

Pemilu Legislatif 2019 diikuti oleh 16 partai politik nasional dan empat partai lokal di Aceh untuk memilih 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia.

Sementara Pemilu Presiden 2019 diikuti oleh dua pasang calon. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
 
Pewarta:
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019
Pemantau asal Afghanistan puji penyelenggaraan pemilu di Indonesia Sebelumnya

Pemantau asal Afghanistan puji penyelenggaraan pemilu di Indonesia

BPN akan ajukan gugatan ke MK Selanjutnya

BPN akan ajukan gugatan ke MK