counter

Wiranto datang ke TPS didampingi istri

KPU Gorontalo Utara mengevaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto memasukkan surat suara ke kotak didampingi petugas KPPS di TPS 19, Kelurahan Bambu Apus, Jakarta, Rabu (17/4/2019). (Genta Tenri Mawangi)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto datang ke tempat pemungutan suara (TPS) No.19 di Kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur didampingi istri, Uga Usman pada Rabu pagi.

Wiranto dan Uga turun dari mobil sedan berwarna hitam, dan keduanya berjalan kaki dari seberang SDN 03 Bambu Apus menuju TPS 19 yang berada di halaman dalam sekolah.

Wiranto beserta istri tiba di TPS 19 tepat pada pukul 08.40 WIB, keduanya langsung mengisi daftar nama di samping kanan pintu masuk TPS, dan menghampiri petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di sebelahnya untuk mengambil empat surat suara.

Sebelum masuk bilik suara, petugas KPPS mengingatkan Wiranto untuk memeriksa surat suara yang diterima.
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto memasukkan surat suara ke kotak didampingi petugas KPPS di TPS 19, Kelurahan Bambu Apus, Jakarta, Rabu. (Genta Tenri Mawangi)


Wiranto dan istri berada di dalam bilik suara selama lima menit, dan saat memasukkan surat suara, keduanya dibimbing oleh seorang petugas KPPS.

Wiranto, sebagaimana beberapa pemilih lain, mengenakan baju bernuansa putih yang dipadu dengan celana jeans berwarna biru dongker, sementara itu, Uga ikut mengenakan baju gamis berwarna putih dipadu kerudung warna merah.

"Pakai baju putih, ini karena baju dinas saya," kata Wiranto saat ditemui selepas memilih.

Sementara itu, Uga mengatakan ia sengaja memilih pakaian berwarna demikian agar sama dengan warna bendera Indonesia, merah putih.

Ketua KPPS TPS 19 di Kelurahan Bambu Apus Niwan Arifin mengatakan 292 warga masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), dan satu orang tercatat dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

Niwan mengatakan TPS 19 telah buka sejak pukul 07.00 WIB, dan pemungutan suara rencananya berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Walaupun demikian, aktivitas pemungutan suara dimulai pada pukul 07.30 WIB, karena petugas KPPS memeriksa terlebih dahulu empat kotak suara di hadapan saksi, dan menandatangani surat suara sebelum diberikan ke pemilih.

Untuk pertama kalinya, Indonesia menggelar pemilihan umum presiden dan anggota legislatif secara serentak pada 17 April. Pemilu serentak pada 2019 diikuti oleh total 190.770.329 warga Indonesia baik di dalam dan luar negeri.

KPU tetapkan 55 calon terpilih anggota DPRD Provinsi Papua

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
TPS Tempat Walikota Medan Dzulmi Eldin mencoblos ribut Sebelumnya

TPS Tempat Walikota Medan Dzulmi Eldin mencoblos ribut

Kajati Sulut pantau kondisi Kejari Kepulauaan Sangihe Selanjutnya

Kajati Sulut pantau kondisi Kejari Kepulauaan Sangihe