pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

"Konser Putih Bersatu," kampanye pemuncak dengan rasa konser

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat menghadiri Konser Putih Bersatu #BarengJokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/04/2019). ANTARA FOTO/Ismar Patrizki./hp. (ANTARA FOTO/ISMAR PATRIZKI)
Jakarta (ANTARA) - Deretan tenda warna putih berjajar di dalam area Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu. Berada menempel pada pagar, tenda-tenda itu menawarkan beragam kuliner. Food truck yang menjajakan jajanan kekinian, corn dog, misalnya, juga berjejal di antara tenda.

Di dalam stadion GBK, ratusan ribu orang mengenakan pakaian serba putih memenuhi lapangan hingga tribun. Pandangan mereka mengarah pada satu tujuan, yaitu panggung "Konser Putih Bersatu." Konser tersebut digelar untuk mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Sebanyak 500 artis, musisi, dan budayawan meramaikan "Konser Putih Bersatu," di antaranya Glenn Fredly, Tompi, Sandhy Sondoro, Dira Sugandi, Yuni Shara dan Hetty Koes Endang. Grup musik Slank menjadi salah satu penampil utama dalam konser tersebut.

Konser Putih Bersatu dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dengan menghadirkan penampilan sejumlah musisi di panggung besar di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sejumlah penyanyi, di antaranya, Tina Toon, Harvey Malaiholo dan Lita Zein tampil membawakan lagu "Bendera" yang dipopulerkan grup musik Cokelat, dilanjutkan dengan "Gebyar-Gebyar" yang dinyanyikan bersama penyanyi rock Candil.

Sebanyak 100 gitaris Indonesia, termasuk Ian Antono, John Paul Ivan dan Toto Tewel, juga meramaikan panggung kampanye dengan memainkan lagu "Rumah Kita." Selain Iwa K, Penyanyi rap Igor Saykoji juga turut memeriahkan acara tersebut.

Musisi Addie MS yang juga ikut meramaikan acara itu mengaku terkesan dengan "Konser Putih Bersatu" yang dihadiri ratusan ribu orang dan dimeriahkan oleh penampilan para musisi serta sejumlah selebritas Tanah Air.

"Seramai-ramainya massa, konser ini yang mungkin buat saya intens ramainya, artinya dari segi jumlah manusianya, keceriaannya, sejumlah manusia memenuhi kompleks GBK," ujarnya.

Selain mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01, "Konser Putih Bersatu", menurut Addie MS, adalah wadah masyarakat untuk berterima kasih kepada Joko Widodo (Jokowi).

Vokalis band Seventeen Riefian Fajarsyah, atau akrab disapa Ifan, yang menjadi salah satu pengisi acara dalam "Konser Putih Bersatu" mengaku terkesan dengan antusiasme masyarakat ketika menghadiri pergelaran tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh personel grup Project Pop, Tika Panggabean, yang rela naik transportasi umum Moda Raya Terpadu (MRT) demi bisa hadir di pergelaran "Konser Putih Bersatu."

Tika mengaku hadir ke acara tersebut sebagai warga negara biasa, bukan mewakili seniman atau musisi yang memeriahkan "Konser Putih Bersatu."

Baca juga: Jokowi ucapkan terima kasih kepada partai pendukung

Dukungan artis

"Konser Putih Bersatu" dihadiri ratusan artis-artis papan atas termasuk penyanyi Ashanty yang merupakan istri politikus PAN, Anang Hermansyah. Ashanty mengaku telah memantapkan hati untuk mendukung calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dalam Pilpres 2019.

Padahal pada Pilpres 2014, Ashanty mengaku bukan pendukung Jokowi. Namun, Ashanty mengaku telah melihat bukti kerja Jokowi di berbagai daerah yang pernah dikunjunginya.

"Aku dateng hari ini karena memang dulu lima tahun lalu bukan pendukung pak Jokowi. Setelah lima tahun aku keliling daerah-daerah, aku lihat. Akhirnya sejak 2017, aku dukung Pak Jokowi," kata Ashanty di sela-sela "Konser Putih Bersatu".

Dukungan untuk Jokowi juga datang dari penyanyi Krisdayanti. Penyanyi yang akrab disapa "KD" itu mengaku terburu-buru dari Bandara Soekarno Hatta menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK) demi mengikuti "Konser Putih Bersatu."

Kedatangan Krisdayanti tentunya untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin selain mewakili partai yang diusungnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Calon anggota legislatif daerah pemilihan Jawa Timur itu menjelaskan alasannya mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019. "Kami merasakan kerja nyata beliau, kesederhanaannya, dan kepemimpinannya yang sangat-sangat bijaksana," ujar KD.

Kinerja Jokowi juga dirasakan musisi Addie MS. Addie merasa Indonesia mengalami perubahan jauh lebih baik dalam  bidang infrastruktur. Suami penyanyi Meidyana Maimunah (Memes) itu menilai penegakan hukum juga menjadi lebih baik, dalam hal perikanan, misalnya.

Jika Jokowi terpilih, Addie berharap Jokowi dapat mewujudkan janji pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Saya menunggu Bapak Jokowi nanti kalau terpilih. Insha Allah, ya itu SDM. Semua yang sifatnya pengembangan sumber daya manusia, khususnya pendidikan dan kebudayaan," kata Addie.

Dalam orasinya, Jokowi memang menjanjikan hal tersebut. "Lima tahun ke depan kita akan berfokus, berkonsenterasi pada pembangunan kualitas sumber daya manusia, kualitas SDM," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi, Iriana, dan Kaesang menuju Fairmont tumpangi kereta kencana

"Bareng Jokowi"

Jokowi dan Ma'ruf Amin tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pukul 15.40 WIB. Ma’ruf Amin membaca doa kemudian memimpin sholawat selepas Jokowi berorasi politik di atas panggung.

Lagu wajib nasional "Bagimu Negeri" menutup kampanye akbar pasangan calon presiden nomor urut 01 itu.

Tiga penyanyi Trio Lestari yaitu Glenn Fredly, Tompi, dan Sandhy Sandoro memimpin nyanyian lagu ciptaan Kusbini itu dan diikuti secara serentak oleh para peserta kampanye di GBK.

Bukan hanya massa peserta kampanye yang ikut bernyanyi dengan dibantu teks lirik di layar panggung, Jokowi juga ikut bernyanyi meskipun sambil menutup tutup mata.

Selanjutnya, grup musik Slank menuntaskan penampilannya dalam pagelaran kampanye akbar itu dengan membawakan lagu "#barengjokowi" di hadapan ratusan ribu simpatisan.

Lagu itu diciptakan khusus oleh Slank untuk calon presiden nomor urut 01. Dengan mengenakan kemeja putih dan bandana merah di kepalanya, Kaka Slank mengajak simpatisan yang hadir untuk bernyanyi bersama

"Ayo bareng Jokowi. Ayo juang bersama. Ayo bareng Jokowi. Nomer satukan Indonesia," seru Kaka menyanyikan penggalan lirik lagu "#barengjokowi".

Terlihat sederet penyanyi hingga selebritas juga ikut bernyanyi bersama di atas panggung, seperti Yuni Shara, Oppie Andaresta, Iwa K, Heti Koes Endang, Dira Sugandi, J-Flow, Caca Frederica, dan Nirina Zubir.

Sementara, Joko Widodo terlihat sibuk melayani foto dari para simpatisan yang berada di barisan depan panggung seusai kampanye.

Alunan musik lagu "#barengjokowi" membuat penonton asik berjoget sambil mengangkat satu jempol ke udara sebagai tanda dukungan terhadap Jokowi dalam Pilpres 2019.

Bahkan, beberapa orang yang larut dalam euforia juga sempat naik ke panggung untuk melihat musisi idola mereka secara dekat.

Usai lagu "#barengjokowi", satu per satu simpatisan meninggalkan Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan tertib.

Di luar Stadion Utama, ratusan relawan "semut putih" membersihkan sampah sisa pagelaran "Konser Putih Bersatu." Salah satu relawan, Edi, mengaku tergerak untuk berpartisipasi menjadi relawan "semut putih" demi menjaga kebersihan kawasan Gelora Bung Karno.

Edi merupakan salah satu relawan dari sekitar 200 relawan lain yang bertugas memunguti sampah di dalam area Stadion Utama usai penyelenggaraan "Konser Putih Bersatu" itu.

Baca juga: Jokowi berterima kasih lewat unggahan foto ANTARA ke Instagram
Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019
Seusai coblosan Marurarar usulkan Jokowi-Prabowo ngopi bareng Sebelumnya

Seusai coblosan Marurarar usulkan Jokowi-Prabowo ngopi bareng

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten