pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Jokowi: Tiga kartu baru efektif tahun depan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres Joko Widodo menunjukan kartu baru yang merupakan program utamanya kepada ribuan pendukungnya di Sukabumi, Jabar pada Kamis, (11/4). (Megapolitan.Antaranews.Com/Foto: Aditya AR).
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan tiga kartu baru yang dicanangkan dirinya yakni Kartu Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Prakerja mulai efektif dan diserahkan kepada masyarakat yang berhak pada tahun depan.

"Saat ini kami masih menghitung dan menganggarkan berapa kebutuhan anggaran untuk bantuan tersebut," katanya saat menghadiri kampanye akbar di Pusbangdai Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ia pun menyampaikan fungsi dari kartu-kartu yang merupakan program unggulannya dalam mengentaskan kemiskinan, pengangguran, meningkatkan daya beli dan ekonomi serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Seperti Kartu Indonesia Pintar untuk memberikan bantuan bagi masyarakat mendapatkan beasiswa pendidikan di tingkat kuliah. Beasiswa kuliah tersebut tidak di universitas dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri.

Kemudian kartu prakerja diberikan kepada lulusan SMA/SMK, perguruan tinggi, yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang belum bekerja. Dengan kartu ini pemerintah akan melakukan pemberian pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan baik di dalam maupun luar negeri.

Sehingga setelah mendapatkan pelatihan ini calon pekerja akan disalurkan ke perusahaan atau yang belum bekerja mendapatkan insentif khusus bagi pemegang kartu ini. Terakhir adalah kartu sembako murah sehingga ibu-ibu dapat membeli sembako dengan harga yang murah.

Adapun komoditasnya mulai dari beras, minyak goreng, telur dan lain-lain yang tujuannya kebutuhan keluarga khususnya anak dalam mendapatkan gizi bisa lebih terpenuhi.

"Siapa yang tidak setuju maju ke depan nanti saya beri sepeda. Tujuan dibuatnya kartu ini karena pemerintah ingin meningkatkan kualitas rakyatnya dan bantuan yang diberikan pun bisa tepat sasaran," tambah Jokowi yang juga merupakan Capres petahana dengan nomor urut 01.
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019
Exposit Strategic: Politik bukan perang Sebelumnya

Exposit Strategic: Politik bukan perang

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten