Komisi III DPR RI pantau kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di Sidoarjo

Pengamat nilai Prabowo-Sandi sulit terima kekalahan
Kunjungan anggota komisi III DPR RI Adies Kadir di Polresta Sidoarjo, Senin (8/4/2019). (Ist)
Sidoarjo (ANTARA) - Komisi III DPR RI memantau kesiapan Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, menjelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang digelar secara serentak pada 17 April 2019.

"Kami ingin memastikan upaya pengamanan yang dilakukan Polri, dalam hal ini di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Bagaimana langkah dan pola pengamanan yang dilakukan Polresta Sidoarjo dan pihak terkait guna memberikan rasa aman dan kondusif di wilayahnya," kata anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir saat kunjungan kerja ke Polresta Sidoarjo, Senin.

Pantauan itu, kata dia, khususnya berkaitan dengan upaya memberikan layanan keamanan kepada masyarakat menjelang pelaksanaan pemilu yang terdiri atas pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Menurut dia  kedatangannya ke Polresta Sidoarjo juga dalam rangka melakukan pemetaan kerawanan kondisi keamanan menjelang 17 April 2019.

Kunjungan kerja Anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir diterima Kapolresta Sidoarjo, para pejabat utama Polresta Sidoarjo, Forkopimda serta KPU Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho menyampaikan berbagai kesiapan Polresta Sidoarjo didukung instansi terkait, baik TNI, Satpol PP maupun Linmas dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019, khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Kami siap untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan umum di Sidoarjo," katanya.

Saat ini, berdasarkan jumlah DPT sebanyak 1.397.570, akan menerima sebanyak 7.134.614 surat suara yang terbagi lima kategori. yakni surat suara Presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota.

Nantinya, surat suara tersebut akan didistribusikan ke 5.579 TPS yang ada di 349 desa, 18 Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Pemilihan umum kali ini akan memilih anggota DPRD kota atau kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan juga pemilihan presiden. Untuk pemilihan presiden diikuti oleh dua pasangan calon masing-masing pasangan Joko Widodo-Maruf Amin dan juga pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Baca juga: DPR minta tuntaskan kasus TPPU Jentang
Baca juga: DPR pertanyakan SP3 kasus Gunawan Jusuf
Baca juga: Komisi III yakin dua CHK mampu kawal proses Pemilu di MK

Kapolda tinjau Jalan M.H. Thamrin

Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019
Polresta Sidoarjo ajak ormas keagamaan untuk pemilu damai Sebelumnya

Polresta Sidoarjo ajak ormas keagamaan untuk pemilu damai

Dikabarkan bertemu Prabowo, JK akui telah bertemu banyak tokoh Selanjutnya

Dikabarkan bertemu Prabowo, JK akui telah bertemu banyak tokoh