pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bawaslu Kulon Progo melakukan deklarasi pemilu bersih

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalukan deklarasi pemilu bersih dan berintegritas bersama penyelenggara pemilu dan peserta Pemilu 2019. (Foto ANTARA/Mamiek)
Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalukan deklarasi pemilu bersih dan berintegritas bersama penyelenggara pemilu dan peserta Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati di Kulon Progo, Senin, mengatakan deklarasi ini bertujuan untuk meminta komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), penyelenggara pemilu dan peserta Pemilu 2018.

"Kami meminta elemen masyarakat untuk menjaga Pemilu 2019 ini bisa menjadi pemilu yang berkualitas, bersih dan berintegritas, serta pelaksanaan pemilu yang sesuai prosedur," kata Ria.

Isi deklarasi pemilu bersih dan berintegritas di Kabupaten Kulon Progo, yakni menolak segala bentuk kecurangan di dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Kulon Progo, menjaga keutuhan NKRI dengan tidak melakukan politik SARA, ujaran kebencian, dan hoax, tidak melakukan politik uang dengan alasan dan dalam bentuk apapun, dan melaksanakan pemilu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia mengatakan sejauh ini, Bawaslu dan penyelenggara pemilu lain selalu ada koordinasi dan komunikasi yang baik, baik OPD dan Forkominda untuk menyamakan pandangan. Jangan sampai ada perbedaan pandangan antarpenyelenggara pemilu.

"Kita selalu ada forum untuk menyamakan pandangan dengan penyelenggara pemilu," katanya.

Selain itu, Ria mengatakan Bawawlu juga mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Forkominda sebagai persiapan Bawaslu menjelang masa pemungutan suara. Bawaslu ingin memetakan kerawanan-kerawanan yang berpotensi terjadi saat di masa tenang, pemungutan suara atau penghitungan suara.

"Kami sudah merumuskan strateginya seperti apa, strategi pengawasan, dan strategi pencegahannya. Tujuannya untuk meminimalisir potensi pelanggaran-pelanggaran atau kerawanan-kerawanan pada masa tenang dan pencoblosan," katanya.

Wakapolres Kulon Progo Kompol Dedi Surya Dharma mengatakan penyelenggaraan pemilu yang bersih dan berintegritas adalah tugas Polres Kulon Progo.

"Pemilu yang bersih dan berintegritas adalah tugas polres dalam rangka pengamanan setiap rangkaian pemilu, tetap sinergi dengan unsur terkait, dan menjaga netralitas," katanya.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf: Walau tidak bisa dimakan infrastruktur penting cari makan Sebelumnya

Ma'ruf: Walau tidak bisa dimakan infrastruktur penting cari makan

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti Selanjutnya

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti