pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ma'ruf Amin sepakat pada Gerakan Rabu Putih

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres 01, KH Ma'ruf Amin, menyampaikan sambutan ketika menghadiri deklarasi dukungan masyarakat Kabupaten Temanggung dari Rumah Hijau di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2019). (Antaranews/Riza Harahap)
Memang Pak Jokowi sudah menyampaikan soal gerakan Rabu Putih. Saya sepakat, bahwa hari Rabu itu berbaju putih dan memilih
Yogyakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden 01 KH Ma'ruf Amin menyatakan sepakat pada rencana gerakan Rabu Putih yakni mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih pada hari pemilihan, 17 April, menggunakan baju putih.

"Memang Pak Jokowi sudah menyampaikan soal gerakan Rabu Putih. Saya sepakat, bahwa hari Rabu itu berbaju putih dan memilih," kata KH Ma'ruf usai menghadiri deklarasi dukungan masyarakat dari Rumah Hijau di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu malam.

KH Ma'ruf Amin juga mengingatkan bahwa pada pemilihan, tanggal 17 April menggunakan baju putih. "Jadi putih adalah kita. Karena itu kita akan memilih yang gambarnya putih dengan menggunakan baju putih," kata Kiai Ma'ruf.

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, juga menyatakan akan menginstruksikan kepada seluruh kader GP Anshor dan Banser untuk mendukung gerakan Rabu Putih.

"Gerakan Rabu Putih ini yakni gerakan untuk tidak takut datang ke TPS dan memilih, penting untuk melawan hoaks menjelang pemilu presiden," katanya.

Yaqut menjelaskan, saat ini beredar informasi hoaks di masyarakat untuk tidak datang ke TPS dan tidak memilih. Karena itu, kata dia, GP Anshor mendukung Gerakan Rabu Putih mengajak masyarakat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. "Jangan takut datang ke TPS dan gunakan hak pilih," katanya.

Yaqut menegaskan, akan mengintruksikan seluruh kader GP Anshor dan Banser di seluruh Indonesia mendukung Gerakan Rabu Putih, yakni mengajak masyarakat menggunakan hak pilih serta membantu Polri dan TNI mengamankan situasi di TPS.

"GP Anshor memiliki sekitar 4,7 juta kader di seluruh Indonesia. Sebagian kita akan fungsikan untuk pembantu pengamanan di TPS, serta sebagian lagi akan bertugas untuk menggerakkan pemilih," katanya.

Baca juga: Ma'ruf Amin Ajak Kuatkan NU ke Depan
Baca juga: Ma'ruf Amin ingatkan masyarakat, beramai-ramai gunakan hak pilih




 
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
Jelang pemilu kamtibmas di Papua aman Sebelumnya

Jelang pemilu kamtibmas di Papua aman

KPU undang semua paslon hadiri penetapan pemenang pilpres Selanjutnya

KPU undang semua paslon hadiri penetapan pemenang pilpres