Dinas percepat pencetakan KTP elektronik untuk warga

Dua anggota PPK di Nunukan alami kecelakaan hari H pencoblosan
Ilustrasi perekaman data KTP elektronik. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melalui dinas terkait mempercepat pencetakan dan panyaluran KTP-e guna memperlancar warga dalam menyalurkan aspirasinya pada pemilu 2019.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, di Cianjur, Selasa, mengatakan, untuk lebih mempermudah pihaknya telah mengitruksikan pada dinas terkait untuk penyaluran melibatkan pihak kecamatan agar warga lebih dekat untuk mengambil KTP elektronik. 

"Saya intruksikan dinas untuk mmepercepat dan menyerahkan penyaluran ke kecamatan agar warga lebih mudah untuk mengambil KTP-nya. Ini sesuai dengan intruksi dari pusat agar tingkat partisipasi warga meningkat," katanya.

Bahkan tutur dia, dinas terkait telah mendapat tambahan pasokan blangko untuk pencetakan KTP elektronik di masing-masing wilayah dan tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

"Kalau ada punggutan silahkan laporkan langsung, kami akan tindak tegas kalau sampai ada punggutan. Intinya ini dilakukan untuk memperlancar warga menyalurkan aspirasinya pada pemilu," katanya.

Plt Kepala Disdukcapil Cianjur, Sidiq El Fatah mengatakan pendistribusian KTP elektronik yang sudah dicetak sebanyak 51.000 telah disalurkan langsung melalui kecamatan yang selanjutnya dibagikan pada pemohon.

"Kami melakukan percepatan pencetakan dan distribusikan melalui kecamatan. Nantinya pihak kecamatan akan melibatkan pihak desa dan ketua RT masing-masing untuk langsung diberikan ketangan warga," katanya.

Ia menambahkan, percepatan pencetakan KTP elektronik itu sesuai stok blangko yang sempat terkendala beberapa waktu lalu, sehingga sempat menumpuknya pencetakan, namun saat ini hal tersebut sudah dapat diantisipasi.

"Saat ini stok blangko dari pusat sangat memadai, sehingga langsung dilakukan percepatan pencetakan dan langsung didistribusikan melalui kecamatan dengan target sepuluh hari sebelum pemilu sudah sampai ke tangan warga," katanya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Ribuan surat suara di Kabupaten Kediri rusak Sebelumnya

Ribuan surat suara di Kabupaten Kediri rusak

Penghitungan suara tingkat Kecamatan Penajam hingga dini hari Selanjutnya

Penghitungan suara tingkat Kecamatan Penajam hingga dini hari