counter

KIP Sabang sosialisasi hitung suara

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Arsip. Petugas kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe menunjukkan segel yang mengalami kerusakan warna di kantor KIP Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (1/3/2019). KIP setempat telah melaporkan dan menunggu keputusan KPU pusat terkait warna hasil cetak yang berbeda sebanyak 9.585 keping segel bagian logistik pemilu 2019 (dari 48.475 keping yang diterima) meliputi segel kotak suara, segel gembok dan amplop. (ANTARA FOTO/Rahmad/aww)
Kita minta partai politik membekali saksinya masing-masing agar paham proses pungut hitung dan tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari
Sabang (ANTARA News) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang terus melakukan sosialisasi hitung suara pada pemilu serentak 17 April 2019 ke partai politik dan ormas.

"Kami terus melakukan sosialisasi hitung suara kepada parpol sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2019, tentang pemungutan dan penghitungan suara serta PKPU Nomor 4 Tahun 2019, tentang rekapitulasi hasil pemungutan suara," kata Anggota KIP Kota Sabang, Muhammad Yani di Sabang, Jumat.

Selain itu, KIP Kota Sabang katanya juga menyosialisasikan pungut hitung kepada organisasi masyarakat (ormas) guna mengoptimalkan pemahaman proses pemungutan suara pada pemilu 2019.

"Kita minta partai politik membekali saksinya masing-masing agar paham proses pungut hitung dan tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari," ujar Muhammad Yani.

KPU Pusat menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak sebanyak, 77,5 persen dan pihaknya optimistis target tersebut tercapai.

Ada pun daftar pemilih tetap di Kota Sabang yakni, 25.741 orang dan tersebar di 104 TPS, 18 gampong dan dua kecamatan, yakni Sukakarya dan Sukajaya.

Parpol yang mengajukan calon anggota legislatif (caleq) di tingkat DPRK Sabang hanya 12 parpol, yaitu Partai Gerindra, NasDem, PBB, Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Aceh, Perindo, Golkar, PAN, PKS, PPP, dan Partai Nasional Aceh.

Kemudian, Parpol yang tidak mendaftarkan caleg di tingkat DPRK Sabang meliputi Partai Hanura, PKPI, PKB, Garuda, Partai Berkarya dan PSI. Kemudian dua partai lokal, yaitu Partai SIRA dan PDA.

Rakyat Indonesia pada 17 April 2019 akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD RI, DPR RI, dan DPRD provinsi, serta DPRD/DPRK kabupaten/kota.

Baca juga: KPU Lampung Timur temukan 16 ribu surat suara rusak
Baca juga: KPU Padang lipat 604.007 surat suara DPRD Kota


 

Tiga hari terhenti, KMP Tanjung Burang kembali berlayar

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
KPU Lampung Timur temukan 16 ribu surat suara rusak Sebelumnya

KPU Lampung Timur temukan 16 ribu surat suara rusak

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai