pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hasyim: mustahil Prabowo dirikan negara khilafah

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Hashim Djojohadikusumo . (Imam Budilaksono)
Jakarta (ANTARA News) -  Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo menegaskan kembali bahwa calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mustahil meninggalkan Pancasila apalagi sampai mendirikan negara khilafah.
 
"Prabowo menghabiskan lebih dari separuh usianya sebagai prajurit. Jadi, tidak mungkin meninggalkan Pancasila apalagi mendirikan negara khilafah," kata Hashim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakannya menjawab informasi hoaks bahwa kedekatan Prabowo dengan kelompok Islam yang mendukungnya maju sebagai capres pilihan umat dianggap sebagai pintu masuk berdirinya negara khilafah.

Hashim menjelaskan, keluarganya merupakan keluarga yang majemuk dan memegang kuat Pancasila yang terdiri dari berbagai agama sehingga mustahil Prabowo mau mendirikan negara khilafah.

Hashim menjelaskan, kedekatan Prabowo dengan segala komponen anak bangsa ini adalah bertujuan untuk merangkul semua suku, agama, golongan, dan ras dalam upaya memperkuat nilai NKRI dan Pancasila.

Menurut dia, kesenjangan sosial, ketidakadilan di masyarakat bisa digunakan oknum-oknum tertentu untuk menghasut terjadinya disintegrasi bangsa dan membenturkan antara kaya dan miskin.

Hashim juga kembali menegaskan bahwa Pancasila tidak hanya menyangkut kepercayaan seperti yang termaktub di sila pertama saja namun terdapat pula empat sila lainnya yang saling berkaitan dan sudah menjadi cita-cita luhur pendiri bangsa.

"Karena itu kita perlu mempertahankan Pancasila sebagai ideologi dan perekat bangsa sehingga Indonesia tidak disintegrasi seperti Uni Soviet dan Yugoslavia," ujarnya.

Menurut dia, perlu ada pemahaman bahwa kondisi bangsa saat ini berada di ambang disintegrasi apabila kesenjangan ekonomi, politik, hukum, dan sosial semakin lebar.

Baca juga: Hashim jelaskan lahan Prabowo di Aceh dan Kalimantan

 
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019
KPU Gunung Kidul coret caleg Gerindra Sebelumnya

KPU Gunung Kidul coret caleg Gerindra

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye