pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Medan mencatat 257 warga mengurus surat pindah memilih

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
ILUSTRASI (ANTARA/ferliansyah)
Medan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Medan mencatat hingga saat ini, dari data yang dikumpulkan terdapat 198 warga yang mengurus surat pindah memilih keluar dari Kota Medan dan 59 orang dari luar mengurus surat pindah memilih untuk mencoblos di Medan pada 17 April nanti.

"Total keseluruhannya 257 warga telah mengurus surat pindah memilih. 198 orang diantaranya warga Medan yang ingin memilih di luar Kota Medan, dan 59 orang warga luar Medan yang ingin mencoblos di Medan nanti," kata Koordinator Divisi Program, Data dan Informasi KPU Kota Medan Nana Miranti di Medan, Sabtu.

Bagi warga yang mengurus surat pindah memilih dengan menggunakan formulir A5 nantinya diminta wajib mendatangi dan melaporkan ke PPS di kantor kelurahan terdekat sesuai dengan lokasi tujuannya mencoblos.

Agar bisa disebar dan didaftarkan ke TPS yang sudah ada. Hal tersebut penting dilakukan agar warga pindah memilih tidak terfokus pada satu TPS tertentu saja.

"Kita khawatir kalau tidak melapor, nanti bisa membludak di satu TPS tertentu," ungkapnya.

Nana menyebutkan sosialisasi pindah memilih yang sudah dilakukan secara aktif turun ke masyarakat dengan massif di seluruh lokasi potensi pindah memilih akan terus dilakukan.

Hal Itu dilakukan agar bisa menekan angka golput di kalangan mahasiswa dan pekerja yang umumnya berasal dari luar daerah Kota Medan.

Ia menjelaskan, bagi warga yang mengurus surat pindah memilih, sesuai dengan UU Pemilu No 7/2017, pasal 348 ayat 4, yang kemudian diatur dalam Peraturan KPU No 37/2018 perubahan dari Peraturan KPU No 11/2018, tidak semua warga yang terdaftar sebagai pemilih DPTb memperoleh 5 surat suara.

Bagi warga dari luar Sumatera Utara yang ingin memilih di Medan hanya mendapatkan surat suara calon presiden dan wakil presiden. Sisa 4 surat suara lainnya tidak dapat diperoleh karena beda daerah pemilihan.

Selanjutnya bagi warga di luar Medan, Deli Serdang, Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai yang ingin pindah memilih di Medan hanya mendapatkan surat suara calon presiden dan surat suara calon DPD RI.

Lalu bagi warga Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi (Dapil Sumut 1 DPR RI) yang ingin memilih di Medan, hanya dapat surat suara calon presiden, calon DPD RI dan calon DPR RI Dapil Sumut 1.

"Begitu seterusnya hingga pindah memilih antar dapil DPRD provinsi dan DPRD kota," katanya.

Baca juga: DPR minta KPU akomodir pemilih pindah
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Relawan luncurkan toko PAS bantu perjuangan Prabowo-Sandi Sebelumnya

Relawan luncurkan toko PAS bantu perjuangan Prabowo-Sandi

Pakar hukum: Amicus curiae bukan alat bukti di sidang MK Selanjutnya

Pakar hukum: Amicus curiae bukan alat bukti di sidang MK