pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hasto ziarah ke makam habib di Pasuruan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melakukan ziarah di makam Habib Abdullah Alhaddad, di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (26/1/2019). (ANTARA News/Riza Harahap)
Pasuruan (ANTARA News)  - Rombongan Safari Kebangsaan VI yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melakukan ziarah ke makam Habib Abdullah Al Haddad Sangeng dan keluarga di  Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu. 

Ziarah dilakukan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat didampingi Habib Sholeh Al Muhdar yang juga anggota Tim KH Ma'ruf Amin.

Kedatangan mereka disambut oleh Takmir Makam Sudin dan sejumlah warga setempat. Hadir pula Habib Soleh Almuhdar serta Habib Fahmi Almusawah. 

Rombongan langsung masuk ke dalam kompleks makam. Kemudian bersama-sama memanjatkan doa dan suasana berlangsung khudmat.

Hasto menuturkan bahwa berziarah makam merupakan bagian dari tradisi masyarakat. "Ini merupakan bagian dari tradisi kita, ziarah kubur. Untuk itulah, seorang pemimpin bangsa harus memahami adat istiadat," ujar Hasto. 

Melalui ziarah kubur itu, Hasto berujar semua memanjatkan doa. Selain doa untuk Habib Abdullah dan keluarga, doa dipanjatkan untuk bangsa dan negara.

"Agar pemilu dapat berjalan dengan lancar," kata Hasto.

Habib Abdullah dilahirkan di Kota Hawi, Tarim, 2 Syafar 1261 Hijriyah yang kemudian dikenal sebagai ulama yang konsisten memperjuangkan kebenaran. 

Pada 1297 Hijriyah, Habib Abdullah hijrah dalam rangka berdakwah ke negeri Melayu. Awalnya, Habib Abdullah menuju Singapura, Johor dan meneruskan dakwah ke pulau Jawa. 

Lalu meneruskan perjalanan ke kota Bogor, Solo dan Surabaya. Sampai akhirnya pada tahun 1301 H, tepatnya akhir Syawal, tiba di Kota Bangil.
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf Amin-Erick Thohir hadiri deklarasi Repnas Kalsel Sebelumnya

Ma'ruf Amin-Erick Thohir hadiri deklarasi Repnas Kalsel

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024