pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KIPP sebut banyak caleg belum lapor dana kampanye

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP)
Masih banyak caleg yang belum melaporkan dana kampanye
Jakarta (ANTARA News) - Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta, memaparkan pihaknya menemukan banyak caleg yang mulai berkampanye namun belum melaporkan dana kampanye.

"Masih banyak caleg yang belum melaporkan dana kampanye, tapi di beberapa daerah dana kampanye sudah digunakan," ujar Suminta di Gedung Bawaslu Jakarta, Jumat.

Suminta kemudian memberikan contoh kasus yang terjadi di Surabaya yakni seorang caleg belum melaporkan dana kampanye secara utuh kepada KPU setempat, akan tetapi baliho yang dipasang sudah mendominasi dapilnya.

Lebih lanjut Suminta mengatakan beberapa kajian awal KIPP menunjukkan banyak partai politik yang tidak melaporkan secara utuh mengenai dana kampanye, terutama terkait sumbangan dana kampanye.

"Seperti di beberapa daerah dana kampanye yang dilaporkan hanya beberapa ratus ribu, sedangkan pemasangan APK telah banyak," ucap Suminta.

Menurut dia hal ini menandakan bahwa beberapa laporan yang berhubungan dengan sumbangan dana kampanye belum dilaporkan.

Dalam kesempatan yang sama peneliti dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Muhammad Hanif mengatakan aturan dari dana kampanye menyatakan bahwa biaya kampanye perorangan tidak boleh mencapai Rp5 miliar dan untuk korporasi tidak boleh melebihi dari Rp25 miliar.

"Memang dalam hal ini kita sebagai pemantau pemilu tidak dapat melihat dana kampanye tersebut digunakan untuk apa, karena dalam pelaporan mengenai dana kampanye dilakukan 15 hari setelah penghitungan suara," tegas Hanif.

Baca juga: Caleg wajib laporkan dana kampanye
Baca juga: KPU : parpol tak jujur tentang dana kampanye

 
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
Hasto sebut dukungan tokoh yakinkan Jokowi-Ma'ruf di Jatim Sebelumnya

Hasto sebut dukungan tokoh yakinkan Jokowi-Ma'ruf di Jatim

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024