pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PP Pemuda Muhammadiyah serukan pengikutnya tidak golput

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto (tengah) di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Jumat (25/1/2019). (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyerukan kepada seluruh pengikutnya untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu mendatang, dan tidak ikut dalam gerakan golongan putih (golput).

“Program kami tetap mengawal proses demokrasi, jadi mengontrol dan menjadi bagian, kami akan menggerakkan pemuda Muhammadiyah tidak golput,” kata Sunanto usai diterima Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, Jumat.

Sunanto menilai gerakan golput tidak bisa dihindari dalam Pemilu 2019, khususnya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Namun, menurutnya, menjadi golput bukanlah suatu pilihan yang dapat membawa perubahan lebih baik untuk bangsa Indonesia.

“Bagi kami golput bukan pilihan. Jadi, memilih adalah pilihan terbaik agar masa depan kita, siapa pun yang terpilih, kita hargai,” kata pria yang aktif dalam lembaga kepemiluan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) itu.

Adanya dua pasangan capres-cawapres untuk Pilpres, Sunanto menilai hal itu sudah melalui proses demokrasi, sehingga keterlibatan masyarakat sebagai pemilih harus diutamakan dengan memberikan hak suara pada hari pencoblosan 17 April mendatang.

“Pilihan yang disodorkan peserta pemilu atau demokrasi ada dua; jadi apa pun yang kita hadapi, harus kita memilih, mencari yang terbaik. Pilihan realitanya harus kita pilih, tidak bisa memilih golput sebagai bagian dari solusi,” katanya.

Sunanto bersama pengurus PP Pemuda Muhammadiyah menemui Wapres Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat, untuk melaporkan kepengurusan baru serta mengenalkan program kerja PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022.

“Yang paling penting bagi kami menyampaikan bahwa pesannya adalah menjaga perdamaian, membangun bangsa, menggerakkan kaum muda, dan agar menghadapi tantangan bangsa yang maju. Kira-kira pesannya Pak Wapres begitu,” ujarnya.  

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah ajak pemilih pemula gunakan hak pilih
Baca juga: DMI ajak Pemuda Muhammadiyah jaga demokrasi

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019
PDI Perjuangan safari ke Jatim perkokoh Jokowi-Ma'ruf Sebelumnya

PDI Perjuangan safari ke Jatim perkokoh Jokowi-Ma'ruf

Tim hukum Ganjar duga Pilpres 2024 dipenuhi pelanggaran prosedural Selanjutnya

Tim hukum Ganjar duga Pilpres 2024 dipenuhi pelanggaran prosedural