pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bima: Pemilih semakin yakin dengan pilihannya

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersalaman dengan capres no urut 02 Prabowo Subianto sebelum mengikuti Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto/foc. (ANTARA FOTO/AGUS SUPARTO)
Bogor (ANTARA News) - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga pengamat politik, Bima Arya Sugiarto mengatakan, debat perdana capres-cawapres ini membuat pemilih semakin yakin dengan pilihannya.

"Pada debat ini saya melihat secara kasat mata, yang lebih siap sangat terlihat dan yang tidak siap juga terlihat," kata Bima usai nonton bareng debat capres-cawapres Pilpres 2019 di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis malam.

Menurutnya, dari perdebatan yang disaksikan dari layar televisi terlihat salah satu pasangan jauh lebih siap dibandingkan yang lainnya.

"Itu yang penting, pemimpin itu harus menyiapkan segala sesuatu prosesnya," ucapnya.

Pada awal perdebatan, Bima menilai debat berjalan membosankan, karena masing-masing pasangan calon terlihat hati-hati, tidak mengelaborasi setiap gagasan yang muncul dalam perdebatan tersebut.

Menurutnya, ada perdebatan yang dihindari oleh pasangan nomor urut 02, meski pasangan nomor urut 01 menajamkan pertanyaannya. Padahal ada isu-isu menarik yang disampaikan, seperti kenaikan gaji para aparat, dan isu gender.

"Awalnya debat layu sebelum berkembang, strategi mereka menghindari perdebatan," ujar Bima.

Tapi lanjut Bima, hal-hal tersebut biasa terjadi pada awal perdebatan, karena masing-masing paslon mencari bentuk-bentuk dan masih demam panggung.

"Tapi diujung-ujung sudah bertemu bentuk-bentuknya, saya yakin debat berikutnya akan lebih menarik karena sekarang semuanya mengevaluasi," imbuh Bima yang juga Wali Kota Bogor.

Saat ditanya akan bagaiamana suasan politik terutama di tingkat masyarakat setelah debat pertama ini dilaksanakan. Menurutnya, kedua tokoh capres memiliki kemampuan untuk rekonsiliasi.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Hasto: Prabowo tidak tegas soal caleg Gerindra Sebelumnya

Hasto: Prabowo tidak tegas soal caleg Gerindra

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten