pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sandiaga Uno tanggapi wacana pemindahan Kedutaan Besar Australia

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Dokumentasi Sandiaga Uno. (ANTARA News/Susylo Asmalyah)
... kami sangat tegas, kita akan berjuang untuk memastikan hak-hak rakyat Palestina sesuai dengan komitmen Indonesia...
Malang, Jawa Timur (ANTARA News) - Calon wakil presiden, Sandiaga Uno, menyatakan akan tetap memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina di tengah kemungkinan pemindahan Kedutaan Besar Australia di Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Ia mengatakan, rencana pemerintah Australia itu sepenuhnya akan menjadi keputusan politik dari pemerintah negeri Kanguru itu. Namun, diharapkan tidak ada langkah yang terburu-buru dan membuat kondisi dunia menjadi tidak stabil.

"Posisi kami sangat tegas, kita akan berjuang untuk memastikan hak-hak rakyat Palestina sesuai dengan komitmen Indonesia," kata Sandiaga, di Kota Malang, Jumat.

Ia mengatakan, Indonesia sebagai negara sahabat Australia, sudah menyampaikan bahwa posisi Indonesia akan tetap memperjuangkan hak-hak dari rakyat Palestina.

Ia mengharapkan agar semua pihak tidak mengambil langkah yang mengancam stabilitas dunia.

"Segala bentuk upaya untuk membuat situasi tidak stabil itu, kita harapkan untuk tidak dilakukan oleh semua pihak," kata Sandiaga.

Pemindahan kedutaan itu diajukan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, saat melangsungkan kampanye pemilihan daerah pada bulan lalu. Usul Morrison itu menimbulkan kekhawatiran pihak Indonesia dan Malaysia.

Indonesia sendiri telah menyampaikan kekhawatiran soal kemungkinan pemindahan kedutaaan dan menyatakan bahwa pemindahan akan mengacaukan rencana membuat perjanjian perdagangan bebas dengan Australia.

Meskipun demikian, Morrison mengatakan bahwa masalah-masalah itu tidak dicampuradukkan dalam pembicaraan baru-baru ini yang dilakukannya dengan Presiden Joko Widodo.

Morrison melemparkan ide pemindahan kedutaan Australia itu. Ia mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel pada Oktober tahun lalu.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018
Pelajar Lampung Timur senang bisa bertemu Presiden Jokowi Sebelumnya

Pelajar Lampung Timur senang bisa bertemu Presiden Jokowi

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024