Sukoharjo (ANTARA News) - Komunitas Anak Republik yang terbentuk pada 3 Oktober 2018 siap merapatkan barisan untuk mendukung Joko Widodo-Ma`ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

"Anak Republik ini dari berbagai komunitas dan kalangan masyarakat di Jateng," kata Ketua Korwil Jateng Komunitas Anak Republik Didik Widodo di sela Deklarasi Dukungan Anak Republik untuk Jokowi-Ma`ruf Amin di Solobaru, Sukoharjo, Sabtu.

Didik Widodo menjelaskan bahwa visi dan misinya adalah ingin merangkul semua komunitas, generasi milenial yang kreatif dan produktif.

Ia berharap keberadaan komunitas ini bisa meningkatkan sektor ekonomi kreatif yang banyak melibatkan generasi milenial.

"Jadi, tidak berhenti saat Pilpres, tetapi berlanjut mengembangkan peran untuk perekonomian bangsa Indonesia," katanya.

Saat ini, kata dia, jumlah anggota Anak Republik di Jawa Tengah sekitar 200 orang. Meski demikian, pihaknya menargetkan anggota bisa mencapai 200.000 orang.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini sedang melakukan perekrutan, khususnya anak muda yang "concern" terhadap ekonomi kreatif, di antaranya otomotif, kerajinan tangan, musik, dan budaya.

Didik mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar festival yang melibatkan seluruh komunitas anak-anak milenial di Jawa Tengah.

Program kerja Anak Republik ini dalam politik praktis, kata dia, akan membuat festival-festival sekaligus melakukan kampanye edukatif kepada anak muda untuk bisa menjadi pemilih yang cerdas dan tidak mudah termakan hoaks.

Terkait dengan dukungannya kepada Joko Widodo, dia mengatakan bahwa Anak Republik tidak berdiri di dalam partai.

Pada prinsipnya, pihaknya memilih pemimpin yang tidak hanya bersuara tanpa karya tetapi tidak banyak suara punya karya.

Dalam 4 tahun terakhir ini, dia menilai kerja nyata Pak Jokowi sudah banyak terlihat.

"Prinsipnya adalah pemimpin itu mau menggulungkan lengan baju, turun ke bawah, mencium bau keringat rakyatnya, dan memberikan solusi untuk rakyat," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi Tim Pemenangan Jokowi/Ma`ruf Amin Kota Surakarta Kusantjojo Nugroho menyambut positif upaya Komunitas Anak Republik tersebut.

"Memang sudah saatnya anak muda yang lebih aktif. Dengan dukungan para generasi muda itu, demokrasi di Indonesia makin berkualitas dan Jokowi bisa terpilih kembali untuk periode yang akan datang," katanya.

Baca juga: Relawan perempuan Jokowi-Ma'ruf diingatkan lakukan kampanye sehat
Baca juga: Relawan KMA targetkan 70 persen pasangan Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: Relawan Golkar Jokowi luncurkan video kreatif sambut Sumpah Pemuda
Baca juga: Moeldoko: Relawan harus turut ciptakan suasana tenang


 

Pewarta: Aries Wasita Widi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018