counter

Mendagri: Bupati Boyolali berhak jaga kehormatan daerahnya

DKPP rehabilitasi ketua KPU - Bawaslu terkait Bupati Mandailing Natal
Penghargaan Peraih Audit WTP Presiden Joko Widodo (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Bupati Boyolali Seno Samodro (kanan) sebagai peraih opini audit wajar tanpa pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/9/2016). Dalam acara tersebut Presiden menegaskan agar Lembaga Negara dan pemerintah daerah membangun sistem keuangan yang baik dengan memanfaatkan teknologi informasi atau digitalisasi, seiring dengan pelaksanaan program debirokratisasi dan peningkatan SDM penyelenggara negara. (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Bupati Boyolali Seno Samodro berhak bersikap untuk menjaga kehormatan dan harga diri daerah dan masyarakatnya, sehingga ucapannya terkait dugaan ujaran kebencian terhadap capres Prabowo Subianto tidak bisa disalahkan.

"Bupati kan punya hak untuk menjaga kehormatan dan harga diri daerah dan masyarakatnya, siapa pun; saya kira tidak bisa disalahkan dia," kata Tjahjo usai menghadiri pembukaan International Public Service Forum 2018 di Jakarta Convention Center, Rabu.

Terkait adanya laporan terhadap Seno ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI atas dugaan ujaran kebencian, Tjahjo mempersilakan pelapor menggunakan haknya.

"Soal ada yang protes, silakan. Itu hak masyarakat, melaporkan itu hak. Tapi dia membela harga diri, kehormatan daerah yang dia pimpin, harga diri dan kehormatan masyarakat yang dia pimpin. Itu saja intinya," tambah Tjahjo.

Seno bersikap reaktif atas beredarnya penggalan video pidato capres Prabowo Subianto yang diduga menyinggung perasaan warga Boyolali. Penggalan video pidato Prabowo tersebut disangka menyinggung perasaan warga Kabupaten penghasil susu sapi tersebut.

Sebagai balasannya, Seno menghadiri Forum Boyolali Bermartabat pada 4 November lalu di Boyolali, Jawa Tengah. Dalam orasinya, Seno mengajak warganya untuk tidak memilih capres nomor urut 02 tersebut.

Akibatnya, Seno dilaporkan oleh Pendukung Prabowo ke Bawaslu atas dugaan pelanggaran Pasal 282 juncto Pasal 306 juncto Pasal 547 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Baca juga: Bawaslu kaji aksi protes warga Boyolali
Baca juga: Seorang warga laporkan Bupati Boyolali ke Bareskrim
Baca juga: Hasto: Reaksi masyarakat Boyolali jadi pembelajaran penting

Mendagri dorong kepala daerah belajar ke luar negeri

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018
Ma`ruf Amin: Keunggulan Jokowi-Ma`ruf komunikasi yang santun Sebelumnya

Ma`ruf Amin: Keunggulan Jokowi-Ma`ruf komunikasi yang santun

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta Selanjutnya

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta